12/27/2015

SOAL PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP


1.   Mengapa pada pembaharuan pendidikan lebih menekankan ke tujuan pendidikan
      untuk menghadapi perubahan?
2.   Mengapa orang dewasa lebih suka pembelajaran yang mendukung harga diri
      mereka?
3.   Bagaimana peranan ilmu jiwa di dalam pendidikan?
4.   Bagaimana cara pembelajaran yang baik pada orang dewasa yang menyukai
      pembelajaran praktis dan berpusat pada masalah?
5.   Mengapa pendidikan juga harus mengembangkan individu yang proses
      perkembangannya menuju kedewasaan dilengkapi secara psikologis?
6.   Apakah yang dimaksud vertical integration dan horizontal integration di dalam proses
      pendidikan seumur hidup?
7.   Apakah tujuan pokok dari pendidikan pra-sekolah?
8.   Mengapa pertimbangan ekonomi merupakan alasan di dalam pendidikan seumur
      hidup?
9.   Mengapa peran keluarga mulai berkurang dalam mempengaruhi perkembangan
      anak?
10. Mengapa peranan teknologi berpengaruh terhadap pendidikan seumur hidup?
11. Apa efek dari konsepsi peranan tradisional sekolah?
12. Apa yang dapat disimpulkan dari pernyataan Stephens mengenai belajar mengajar
      dan kaitannya dengan pendidikan seumur hidup?
13. Kurikulum seperti apa yang sesuai dengan pendidikan seumur hidup?
14. Apakah yang dimaksud belajar sebagai konteks yang dinamis?
15. Apakah tujuan lembaga pendidikan berstandarisasi menyeragamkan semua proses
      pendidikan khususnya di sekolah?
16. Apakah yang dimaksud tujuan pendididikan sangat bersifat ideologis?
17. Apakah tujuan utama dari organisasi pendidikan menurut Simms?
18. Mengapa faktor usia mempengaruhi intelegensi seseorang?
19. Jelaskan 2 pendekatan pokok dalam memberikan definisi mengenai intelegensi!
20. Bagaimana cara memperoleh interaksi yang tinggi dalam pembelajaran
      konvensional?
21. Apa sajakah usaha-usaha sekolah untuk menunjang terjadinya horizontal integration
      dan vertical integration?
22. Kurikulum seperti apakah yang sesuai untuk anak-anak pra-sekolah?
23. Jelaskan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kurikulum kerja!
24. Bagaimana pengembangan ketrampilan kognitif kurikulum yang berorientasi kepada
      pendidikan seumur hidup?
25. Bagaimanakah peranan guru dalam pendidikan seumur hidup?
26. Mengapa dalam peranannya guru bukan sebagai pemberi fakta-fakta?
27. Mengapa dalam pendiidkan seumur hidup, sekolah perlu menanamkan motivasi pada
      siswa?
28. Sekolah seharusnya membiasakan anak menggunakan berbagai sumber belajar,
      apakah yang dimaksud dengan sumber belajar?
29. Mengapa corak kognitif sangat berpengaruh terhadap guru?
30. Apakah yang dimaksud fase pra-operasional di dalam perkembangan intelektual
      anak?
31. Jelaskan program pendidikan vokasional sebagai salah satu implikasi pendidikan
      seumur hidup!
32. Bagaimana peranan guru saat anak beraktivitas atau mengerjakan tugas?
33. Mengapa dalam tahap perkembangan (menurut Havinghurst) usia 6-12 tahun itu
      sudah tidak kanak-kanak lagi?
34. Mengapa keluarga tidak sama pentingnya sebagai faktor yang berhubungan dengan
      sekolah dalam menentukan hasil sekolah?
35. Apa langkah pertama yang perlu dilakukan pada awal pengalaman belajar?
36. Mengapa dalam belajar guru hendaknya mampu mengkomunikasikan materi dan
      menyampaikan informasi dengan berbagai metode belajar?
37. Apakah yang dimaksud dengan pelajar seumur hidup?
38. Sifat apa sajakah yang harus dimiliki oleh pelajar seumur hidup?
39. Mengapa pelajar seumur hidup menganggap bahwa pendidikan adalah sesuatu yang
      diperoleh dari pengalaman dan berlangsung seumur hidup?
40. Siapakah yang dimaksud sekelompok orang yang disebut pendidik tetapi tidak dikenal
      sebagai guru dan tidak berfungsi di dalam system persekolahan konvensional?
41. Apakah prinsip utama dari pendidikan seumur hidup?
42. Mengapa pengalaman pendidikan pada waktu anak-anak awal sangatlah penting
      dalam menentukan belajar selanjutnya?
43. Apakah yang dimaksud dengan guru sebagai guide dan fasilitator?
44. Mengapa motivasi sangat perlu dalam pembelajaran?
45. Apakah yang dimaksud evaluasi pendidikan secara terminologis?
46. Jelaskan bentuk-bentuk dari evaluasi!
47. Mengapa konteks sosial dan budaya berpengaruh bagi pendidikan seumur hidup?

48. Mengapa pendidikan seumur hidup disebut sebagai konsep komprehensip?

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com