untuk
menghadapi perubahan?
2.
Mengapa orang dewasa lebih suka pembelajaran
yang mendukung harga diri
mereka?
3.
Bagaimana peranan ilmu jiwa di dalam
pendidikan?
4.
Bagaimana cara pembelajaran yang baik
pada orang dewasa yang menyukai
pembelajaran
praktis dan berpusat pada masalah?
5.
Mengapa pendidikan juga harus mengembangkan
individu yang proses
perkembangannya
menuju kedewasaan dilengkapi secara psikologis?
6.
Apakah yang dimaksud vertical
integration dan horizontal integration di dalam proses
pendidikan
seumur hidup?
7.
Apakah tujuan pokok dari pendidikan
pra-sekolah?
8.
Mengapa pertimbangan ekonomi merupakan
alasan di dalam pendidikan seumur
hidup?
9.
Mengapa peran keluarga mulai berkurang
dalam mempengaruhi perkembangan
anak?
10.
Mengapa peranan teknologi berpengaruh terhadap pendidikan seumur hidup?
11.
Apa efek dari konsepsi peranan tradisional sekolah?
12.
Apa yang dapat disimpulkan dari pernyataan Stephens mengenai belajar mengajar
dan kaitannya dengan pendidikan seumur
hidup?
13.
Kurikulum seperti apa yang sesuai dengan pendidikan seumur hidup?
14.
Apakah yang dimaksud belajar sebagai konteks yang dinamis?
15.
Apakah tujuan lembaga pendidikan berstandarisasi menyeragamkan semua proses
pendidikan khususnya di sekolah?
16.
Apakah yang dimaksud tujuan pendididikan sangat bersifat ideologis?
17.
Apakah tujuan utama dari organisasi pendidikan menurut Simms?
18.
Mengapa faktor usia mempengaruhi intelegensi seseorang?
19.
Jelaskan 2 pendekatan pokok dalam memberikan definisi mengenai intelegensi!
20.
Bagaimana cara memperoleh interaksi yang tinggi dalam pembelajaran
konvensional?
21.
Apa sajakah usaha-usaha sekolah untuk menunjang terjadinya horizontal
integration
dan vertical integration?
22.
Kurikulum seperti apakah yang sesuai untuk anak-anak pra-sekolah?
23.
Jelaskan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kurikulum
kerja!
24.
Bagaimana pengembangan ketrampilan kognitif kurikulum yang berorientasi kepada
pendidikan seumur hidup?
25.
Bagaimanakah peranan guru dalam pendidikan seumur hidup?
26.
Mengapa dalam peranannya guru bukan sebagai pemberi fakta-fakta?
27.
Mengapa dalam pendiidkan seumur hidup, sekolah perlu menanamkan motivasi pada
siswa?
28.
Sekolah seharusnya membiasakan anak menggunakan berbagai sumber belajar,
apakah yang dimaksud dengan sumber
belajar?
29.
Mengapa corak kognitif sangat berpengaruh terhadap guru?
30.
Apakah yang dimaksud fase pra-operasional di dalam perkembangan intelektual
anak?
31.
Jelaskan program pendidikan vokasional sebagai salah satu implikasi pendidikan
seumur hidup!
32.
Bagaimana peranan guru saat anak beraktivitas atau mengerjakan tugas?
33.
Mengapa dalam tahap perkembangan (menurut Havinghurst) usia 6-12 tahun itu
sudah tidak kanak-kanak lagi?
34.
Mengapa keluarga tidak sama pentingnya sebagai faktor yang berhubungan dengan
sekolah dalam menentukan hasil sekolah?
35.
Apa langkah pertama yang perlu dilakukan pada awal pengalaman belajar?
36.
Mengapa dalam belajar guru hendaknya mampu mengkomunikasikan materi dan
menyampaikan informasi dengan berbagai
metode belajar?
37.
Apakah yang dimaksud dengan pelajar seumur hidup?
38.
Sifat apa sajakah yang harus dimiliki oleh pelajar seumur hidup?
39.
Mengapa pelajar seumur hidup menganggap bahwa pendidikan adalah sesuatu yang
diperoleh dari pengalaman dan berlangsung
seumur hidup?
40.
Siapakah yang dimaksud sekelompok orang yang disebut pendidik tetapi tidak
dikenal
sebagai guru dan tidak berfungsi di dalam
system persekolahan konvensional?
41.
Apakah prinsip utama dari pendidikan seumur hidup?
42.
Mengapa pengalaman pendidikan pada waktu anak-anak awal sangatlah penting
dalam menentukan belajar selanjutnya?
43.
Apakah yang dimaksud dengan guru sebagai guide dan fasilitator?
44.
Mengapa motivasi sangat perlu dalam pembelajaran?
45.
Apakah yang dimaksud evaluasi pendidikan secara terminologis?
46.
Jelaskan bentuk-bentuk dari evaluasi!
47.
Mengapa konteks sosial dan budaya berpengaruh bagi pendidikan seumur hidup?
48.
Mengapa pendidikan seumur hidup disebut sebagai konsep komprehensip?
0 komentar:
Posting Komentar